pasang penangkal petir

Langkah Dan Point Penting Dalam Pasang Penangkal Petir Rumah

Panduan Pasang Penangkal Petir dirumah ? apakah anda sedang mencari artikel serupa dan sejenisnya ? Mungkin anda bisa meluangkan sedikit waktunya,untuk membaca informasi yang akan kami sampaikan pada artikel kali ini.

Ketika musim hujan tiba, serangan petir dapat menjadi ancaman serius bagi rumah dan keselamatan penghuninya,dalam situasi seperti ini, menjaga rumah dari potensi bahaya petir bukanlah sekadar kebutuhan, melainkan suatu keharusan.

Artikel ini akan memberikan panduan  tentang cara memasang penangkal petir dengan benar dan efektif, serta hal dan point penting yang perlu diperhatikan dan dihindari sebelum instalasi penangkal petir dilanjutkan, guna untuk memastikan keamanan rumah.

Petir adalah salah satu fenomena alam yang sangat berbahaya, terutama bagi rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi rumah dengan memasang penangkal petir.

Berikut adalah Langkah Dan Point  Penting Sebelum Pemasangan penangkal Petir Rumah:

Perlindungan terhadap bahaya petir menjadi suatu keharusan dalam menjaga keamanan rumah,gedung,gudang,dll terlebih jika itu menyangkut perusahaan, keselamatan pekerja telah di atur oleh undang undang tentang pengawasan penangkal petir.

Pemilihan jenis penangkal petir yang tepat juga perlu di perhatikan, agar bisa lebih maksimal dalam melindungi hunian, perangkat elektronik maupun penghuninya sendiri.

Berikut adalah Langkah langkah penting dalam pemasangan penangkal petir rumah yang dapat memberikan perlindungan optimal untuk melindungi struktur bangunan dan keselamatan penghuninya sbb :

  • Pemilihan Penangkal Petir Yang Sesuai Dengan Hunian Anda

Pilihlah penangkal petir yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda. Terdapat dua jenis penangkal petir yang sering digunakan, yaitu penangkal petir konvensional dan penangkal petir radius atau elektrostatis.

Pilihlah penangkal petir yang sesuai dengan ukuran rumah yang akan dicakup, dan sesuaikan dengan anggaran Anda, sambil tetap memperhatikan kualitas dan standar nasional.

  • Pemasangan penangkal petir rumah yang benar

Pastikan penangkal petir dipasang dengan benar dan pada posisi yang tepat. Penangkal petir harus dipasang di bagian atas puncak rumah.

Hindari penggunaan bahan yang mudah terbakar. Jika tidak memungkinkan untuk memasangnya di atap bangunan, gunakan alat bantu seperti tiang monopole atau tiang segi tiga.

 

  • Koneksi yang Baik

Pastikan koneksi penangkal petir dengan sistem grounding berfungsi dengan baik. Perhatikan besaran kabel penghantar dan jalur menuju grounding agar tidak terlalu jauh dari titik pemasangan.

Sistem grounding adalah sistem penting dalam instalasi penangkal petir,agar listrik yang dihasilkan dari petir dapat tersalurkan dengan aman dan stabil menuju tanah, yang pada konteks ini berfungsi untuk meminimalkan kerusakan akibat serangan petir.

  • Periksa dan Perbaiki secara Berkala

Setelah pemasangan, periksa kondisi penangkal petir secara berkala, terutama setelah musim hujan, pastikan penangkal petir masih berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang rusak.

Jika ada masalah, segera perbaiki atau gantilah dengan yang baru. Tahapan pemeriksaan mencakup pengecekan instalasi grounding, kepemilikan resistansi yang sesuai dengan standar (<5 Ohm), kondisi Head Terminasi dan kabel penyalur petir, serta instalasi koneksinya.

  • Hindari Praktik yang Tidak Benar

Hindari praktik-praktik yang tidak benar, seperti menggunakan besi beton sebagai sistem grounding, penghantar atau konduktor arus listrik yang direkomendasikan adalah yang terbuat dari tembaga.

Praktik-praktik semacam itu tidak efektif dalam melindungi rumah dari serangan petir dan dapat menimbulkan bahaya tambahan

Setelah memperhatikan point dan langkah sebelum instalasi penangkal petir rumah dilakukan,di bawah ini tahapan langkah selanjutnya adalah : Cara Pasang Penangkal Petir

Pasang Penangkal Petir Rumah Dan Pada Umumnya

Pasang penangkal petir dapat dilakukan sendiri, asalkan tetap dalam pedoman yang memang telah di tetapkan, baik oleh undang undang dan para aplikator jasa penangkal petir,untuk panduanya pun sudah banyak tersebar di internet.

Namun apabila anda tidak yakin dan tidak mempunyai waktu luang untuk mengerjakanya,saran kami serahkan pada ahlinya,dibawah ini langkah penting dalam pemasangan penangkal petir sbb :

Grounding Sistem (Pembumian)

Langkah awal yang harus kita kerjakan adalah pembuatan grounding sistem, dengan cara pengeboran kedalam tanah/bumi, bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan mesin sampai  menemukan titik kedalaman yang memang sudah di anjurkan.

Namun di beberapa tempat kedalaman grounding  tidak menjadi patokan,hal ini terkait struktur tanah pada wilayah tertentu seperti :

  • struktur tanah lebih banyak be-batuan nya
  • Struk tanah keras dan tidak bisa menembus kedalaman yang  disepakati

Jika karakter tanah seperti di atas,maka akan di lakukan sistem paralel,dimana titik pengeboran akan di tambah sampai mendapatkan nilai ohm yang di inginkan.

Sebagai catatan untuk kedalaman sistem penangkal petir konvensional atau rumah,umumnya itu dikedalaman 6 s/d 8 meter,sedangkan untuk penangkal petir elektrostatis atau radius  yaitu 8 s/d  12 Meter dalam satu titik pengeboran.

Setelah pengerjaan grounding selesai langkah selanjutnya adalah instalasi kabel konduktor (penyalur).

Kabel Penyalur (Down Conductor)

Instalasi kabel penyalur petir ini dapat di lakukan dengan dimulai dari bawah grounding atau sebaliknya,dengan tetap memperhatikan jalur yang lebih cepat.

Dan hindari tekukan yang ekstrim,agar ketika arus petir menyambar dapat tersalurkan lebih cepat ke grounding,terdapat beberapa kabel penghantar yang umum digunakan seperti : kabel COAXIAL,kabel NYY,kabel NYA dan kabel Bare Copper (BC).

Untuk ukuran, tergantung kebutuhan dari masing masing user dan aplikator penangkal petir, yang tentunya sudah melalui kesepakatan di awal dengan segala konsekuensinya.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan head terminal/ujung penangkal petir (splitzen)

Head terminal / Air terminasi

Ujung penangkal petir yang lebih dikenal dengan air terminasi atau splitzen, di aplikasikan di atas bangunan setelah pengerjaan grounding dan insatalasi kabel penyalur selesai.

Hal ini dilakukan di akhir, agar saat pengerjaan instalasi penangkal petir dan cuaca di atas mendung dapat kita hentikan sejenak.

Mengingat saat cuaca mendung di atas sana gesekan partikel partikel di awan memungkinkan terciptanya muatan listrik dan melepaskanya ke dasar bumi,oleh karena itu instalasi ujung penangkal petir dilakukan di akhir tahapan.

Lalu Apa Kolerasi Arus Petir dengan Prinsip Kerja Penangkal Petir ?

Saat musim hujan, tingkat air atmosfer meningkatkan konduktivitas, yang memungkinkan pelepasan elektrostatik yang berpotensi tinggi. Pelepasan elektrostatik memiliki kecenderungan untuk mencari jalur menuju tanah untuk mencapai keseimbangan.

Secara garis besar penangkal petir berfungsi dengan prinsip ini, dengan memberikan jalur konduktif yang lebih mudah bagi arus petir untuk mengalir ke tanah, sehingga menghindari kerusakan pada bangunan.

Berapa Besaran Tahanan Untuk Pasang Penangkal Petir ?

Bicara besaran tahanan atau resitensi ketahanan tanah untuk penangkal petir tak lepas dari sistem instalasi grounding,seperti grounding kelistrikan (panel listrik),grounding  mesin dll,yang sudah kami jelaskan di atas sebelumnya.

Untuk nilai atau besaran tahanan tetap mengacu pada  standar umum Instalasi Listrik atau PUIL 2000 PER02/MEN/1989 yang mencakup pengawasan instalasi penyalur petir (Pasal 54), nilai resistansi pembumian harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan yaitu Maksimal  5 Ohm (Ω)

Namun kami para aplikator pemasangan instalasi penangkal petir dan grounding sistem lebih menekankan di angka < 3 s/d 2 Ohm (Ω), untuk menjaga agar lonjakan kenaikan tahanan dikala musim kemarau tidak terlalu tinggi dan masih dalam tahap wajar yaitu 5 ohm(Ω).

Berapa Biaya Jasa Pemasangan Penangkal Petir?

Biaya pemasangan penangkal petir bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, ukuran rumah, jenis material yang digunakan, dan biaya jasa penyedia yang Anda pilih.

Umumnya, biaya pemasangan dimulai dari paket sekitar Rp2.000.000 untuk penangkal petir konvensional dan Rp6.500.000 untuk penangkal petir radius atau elektrostatis, dengan kemungkinan adanya biaya tambahan di luar paket tersebut.

Demikianlah Tips Penting Dalam Menentukan Pemasangan penangkal Petir Rumah. Pastikan rumah Anda aman dan terlindungi dari ancaman petir dengan melakukan pemasangan yang benar dan berkualitas.

Jika merasa kurang yakin, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional dalam melakukan pemasangan dan kami siap membantu anda apabila ada yang ingin di pertanyakan silahkan hubungi nomer yang tertera di website kami.

Demikianlah ulasan dan informasi kami tentang : Langkah Dan Point Penting Dalam Pasang Penangkal Petir Rumah semoga dapat sedikit membantu tentang pengetahuan soal penangkal petir terima kasih.

Jasa Penangkal Petir

Recent Posts

Alat penangkal petir untuk rumah tinggal

Alat penangkal petir untuk rumah tinggal ? mungkin itu yang ada di benak anda pada…

4 months ago

Mengenal alat penangkal petir dan aspek pendukungnya

Mempelajari alat penangkal petir dan aspek pendukung nya, ketika musim hujan di indonesia sudah tiba…

6 months ago

harga penangkal petir dan jenisnya serta perbandingan-nya

Perbandingan harga penangkal petir dan jenisnya , tentu akan menjadi pertimbangan anda sebagai konsumen sebelum…

6 months ago

Penyebab seseorang tersambar petir dan tips menghindarinya

Apa penyebab seseorang tersambar petir ? mungkin pertanyaan ini sering dipertanyakan di kalangan masyarakat umum,…

7 months ago

Proteksi Rumah dan Tempat Tinggal Anda dari Ancaman Petir

Rumah kita adalah tempat perlindungan dan kenyamanan, tetapi ketika langit gelap dan petir menyambar, risiko…

7 months ago

Apakah Penting Pemasangan Sistem Penangkal Petir di Rumah?

Apakah Penting Pasang Penangkal Petir di rumah ? Pertanyaan ini sering jadi perbincangan di masyarakat…

7 months ago